KOMPETENSI YANG HARUS DIMILIKI GURU



MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI
Pertemuan 1, Rabu, 21 Agustus 2019. Ruangan 23112
Dosen : Bapak Dr. Nofrion, M.Pd.

Hai Reader,
Kali ini saya akan menulis tentang rangkuman materi pertemuan pertama.

Image result for animasi guru dan media
Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru :

1. Pedagogik
Yaitu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru tentang seni mengajar, teori mengajar,dan psikologis anak. Seorang guru harus memiliki teknik mengajar yang khas dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Misalnya ; setiap guru pasti memiliki seni dalam mengajar seperti melakukan diskusi,kerja kelompok,maupun debat.
2. Profesional
Yaitu kemampuan yang dimiliki guru untuk menguasai bahan ajar yang ingin diajarkan. Guru harus memiliki pemikiran yang luas dan harus mempersiapkan materi ajar dengan baik. Misalnya ; sebelum mengajar di esok hari, guru harus membaca lagi materi apa yang harus ia terangkan kepada peserta didik.
3. Kepribadian
Yaitu sifat yang harus dimiliki oleh guru seperti bijaksana, adil, berwibawa dan tidak boleh berkata kasar kepada peserta didik. Guru harus memiliki akhlak yang baik dan mulia agar dapat ditiru oleh peserta didiknya. Contoh : guru tidak boleh membedakan antara anak yang pintar dengan yang kurang pintar, guru itu harus adil.
4. Sosial
Yaitu kepandaian yang dimiliki oleh guru agar pandai dalam berkomunikasi. Baik berkomunikasi dengan peserta didik, sesama guru, kepala sekolah maupun wali dari peserta didik dan juga masyarakat sekitar. Oleh karena itu, guru harus memiliki cara berkomunikasi yang baik.


Metode belajar yang dimiliki seorang anak ada 3 macam,yaitu :

1. Audio :
Seorang anak senang belajar dengan cara mendengarkan, ia akan lebih ingat apa yang ia dengarkan daripada yang ia lihat atau yang ia rasakan. Oleh sebab itu, guru bisa menerapkan cara belajar dengan cara mendikte. Contoh gaya belajar audio adalah mendengarkan musik ketika belajar.
2. Visual : 
Seorang anak senang belajar dengan cara melihat, ia akan lebih ingat apa yang ia lihat daripada yang ia dengar. Misalnya murid lebih mengerti dengan tampilan ppt yang menarik yang disajikan oleh gurunya. Anak tipe visual ini akan merasa terganggu jika ada keributan dalam belajar.
3. Kinestetik :
Seorang anak senang belajar dengan adanya gerakan dalam belajar. Contohnya menggerakkan kaki, meggerakkan pena. Jika ada orang yang menghentikan gerakannya itu, ia akan merasa terganggu dan tidak bisa konsentrasi dalam belajar.

Dalam memilih media pembelajaran, guru harus memperhatikan 2 hal :

1. Karakteristik anak : seperti sifat atau psikologi yang dimiliki oleh anak yang berpengaruh terhadap sikap, perilaku, dan tindakan seorang anak tersebut.
2. Karakteristik materi : yaitu sarana, alat, dan bahan ajar yang harus dikuasai oleh guru untuk diterangkan kepada peserta didik dalam rangka belajar mengajar.



MEDIA PEMBELAJARAN 
Pertemuan 2, Rabu, 28 Agustus 2019.
Dosen : Bapak Dr. Nofrion, M.Pd.

Media pembelajaran tediri dari dua kata yaitu: media dan belajar (yang diberi awalan pe- dan akhiran an)

1. Media : segala sesuatu yang menggunakan alat/media untuk  sampainya pembelajaran. Media ini  biasanya dipakai oleh pendidik dan peserta didik.

Tingkatan dari peserta didik itu yaitu :
a) Murid     : panggilan untuk anak SD
b) Pelajar    : panggilan untuk anak SMP
c) Siswa     : panggilan untuk anak SMA
d) Mahasiswa : panggilan untuk anak kuliah

Panggilan untuk pendidik yaitu :
a) Guru
b) Dosen 
c) Pamong
d) Widya irwaya

Media pembelajaran terbagi atas :
a) Media grafis/visual. Media visual menggunakan indera penglihatan. Cth : gambar atau foto, bagan, sketsa, grafik, diagram, kartun, dan lainnya.
b) Media audio. Media audio menggunakan indera pendengaran agar siswa bisa menerima pelajaran dengan baik. cth :  radio, tape recorder, media proyeksi diam, speaker dan lain sebagainya.
c) Media audio visual. Media audio-visual menggabungankan antara media audio dan media visual yang menggunakan indera penglihatan serta indera pendengaran. Cth : video tentang pembentukan bumu dan alam semesta
d) Media proyeksi. Cth : proyektor
e) Media lingkungan

Media pembelajaran berbeda degan alat pembelajaran. Contoh dari media pembelajaran adalah foto atau video yang berkaitan dengan materi/bahan ajar, sedangkan conth alat pembelajaran adalah spidol, papan tulis, dll.


Dasar dalam pemilihan media adalah :
1. karakterisrik peserta didik ;
2. Karakteristik materi/media ;
3. Ketersediaan sarana dan prasarana ;
4. Biaya yang dibutuhkan ;
5. Kemampuan guru.

Dibawah ini video tentang media pembelajaran tentang siklus air
selamat menonton :)


2. Belajar : bertujuan untuk adanya perubahan diri
a) Pengetahuan  => dari tak tahu menjadi tahu
b) Sikap       => dari tak baik menjadi baik
c) Keterampilan => dari tak bisa menjadi bisa

Belajar bertujuan agar orang mau belajar. Pendidik bertugas dalam membuat peserta didik mendapatkan pengetahuan. Merubah sikap, dan menambah keterampulan.





MEDIA PEMBELAJARAN
Pertemuan 3, Rabu 4 September 2019.
Dosen : Bapak Dr. Nofrion, M.Pd.

Kerucut Pengalaman Menurut Edgar Dale


Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa dalam mengajar, simbol verbal (ceramah) hanya diperlukan sedikit karena metode ceramah tergolong abstrak. Yang banyak diperlukan adalah pengalaman langsung (tindakan) yang kongkrit. 
Dalam mengajar, kita berusaha menjelaskan dengan kongkrit dimulai dari data fakta, konsep, prosedur,generalisasi, meta kognitif (manfaat).
Demikian pembahasan dari admin. Jika ada kesalahan dalam penulisan, mohon kritik dan saran yang membangun agar tulisan ini lebih baik lagi kedepannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL TENTANG JURUSAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Kondisi Geografis Kota Padang